Monday, April 1, 2013

Ijen...., I'm Coming

Mumpung masih di sekitar Banyuwangi (sebelumnya mengenai Alas Purwo) kali ini saya akan menceritakan tentang Ijen. Ijen merupakan salah satu pegunungan di Indonesia yang bestatus berapi aktif. Pertama kali saya berpetualang ke Ijen, itu karena saya diajak oleh salah satu teman saya dari Banyuwangi. Lagi-lagi saya juga berangkat dari Genteng dengan rombongan ya sekitar delapan orang termasuk saya, dengan mobil menuju ke Ijen. Dari Jember ke Genteng perjalanan dengan bus sekitar 2-3 jam. Kemudian Dari Genteng ke Ijen perjalanan sekitar 2 jam'an. Kami naik ke Ijen sekitar pukul 3 pagi tujuan kami mengejar sun rise.

Berjalan kaki dari Paltuding sekitar 3 km, jika jalan kita cepat mungkin dapat ditempuh selama 2 jam, dan dengan jalan santai sekitar 3 jam'an.
Disekitar Paltuding, tersedia Guest House, bagi kalian yang ingin camping juga disediain lahan kok untuk berkemah. Di Paltuding terdapat pula beberapa kantin, mushola, toilet dan pendopo.



Lintasan awal sejauh 1,5 km cukup berat karena menanjak. Selain menanjak struktur tanahnya juga berpasir sehingga menambah semakin berat langkah kaki karena harus menahan berat badan agar tidak merosot ke belakang.
Setelah beristirahat di Pos Bunder (pos yang unik karena memiliki bentuk lingkaran) jalur selanjutnya relatif agak landai.Kemudian seiring dengan berjalannya waktu kita akan disuguhi oleh pemandangan deretan gunung yang sangat indah. Ini salah satu contoh pemandangan langit di Ijen ketika matahari akan menyinari ibu pertiwi 

Mendekati kawah Ijen..., kita dapat melihat berbagai pemandangan pegunungan.

Dan ini, yang kita tungguh-tungguh! Ijen.....,


Puji Tuhan, ketika kami kesini asap belerang sedang tidak banyak. Jadi bisa menikamti pemandangan dengan minimnya polusi udara. Setelah menikmati pemandangan ini, saya dan rombongan turun istirahat ke Pos Bundar untuk mengisi perut yang sudah berkeroncongan. Setelah istirahat kami melanjutkan lagi perjalanan menuju bendungan. Sehingga, kami tidak hanya melihat kawah Ijen dari puncak, namun juga dari bendungan. Gila indah banget pokoknya, hanya saja yang perlu diwaspadai adalah jalan yang sempit dan penuh dengan bebatuan, jika lengah akan membuat kita terpelesat dan bisa-bisa nyemplung ke jurang :D



Menurut saya view terbagus untuk melihat ijen adalah dari bendungan ini. Pokoknya top markotop dech. Buruan, bagi kalian yang belum pernah kesini, segera kesini teruma ke bendungan ini :)

Quotes for this day
“The earth will not continue to offer its harvest, except with faithful stewardship. We cannot say we love the land and then take steps to destroy it for use by future generations.”  Pope Jhon Paul II


2 comments: